Selamat Datang di Situs Ilmu Perbankan

Apabila anda ingin membagikan ilmu pengetahuan perbankan secara gratis dalam bentuk tulisan dan buku online, dipersilahkan mengisi form pada kolom "Pendaftaran Penulis Ilmuperbankan" untuk dapat mengirimkan tulisan mengenai seputar ilmu perbankan via email dan tentunya akan kami review dahulu tulisan anda untuk kemudian akan kami terbitkan dalam situs ini, ataupun bagi sahabat yang mau kami bagikan buku gratis secara online melalui email dapat mendaftarkan diri dengan cara mengisi nama lengkap dan alamat email anda pada kolom "Gratis Buku Online", dan secara teratur akan kami kirimkan buku online secara gratis kepada para sahabat semua yang telah mendaftarkan nama dan alamatnya, terimakasih

Google Search

Minggu, 14 Maret 2010

Pelayanan cemerlang pada Bank Bukopin Capem Depok Unit Kantor Kas Lenteng Agung , Jakarta

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada para nasabah sehingga dapat memberikan kepuasan bagi para nasabah, Objek penelitian adalah pada PT. Bank Bukopin Capem Depok Unit Kantor Kas Lenteng Agung yang bergerak dibidang Jasa Keuangan Perbankan, berlokasi di jalan Lenteng Agung Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan-observasi.

Dalam era globalisasi ini terjadi persaingan bisnis didunia yang semakin tajam. Tidak terkecuali diindonesia, hal ini disebabkan oleh banyaknya pengusaha yang bergerak dalam bidang usaha yang sama. Untuk itu tiap perusahaan harus lebih aktif dan lebih cekatan dalam melihat pangsa pasar dengan berbagai cara, salah satu cara dalam dunia perbankan untuk merebut pangsa pasar adalah melalui jenis pelayanan yang baik. Karena itu jika kita pelajari lebih dalam sebaik apapun suatu produk yang dihasilkan dalam sebuah bisnis hal yang paling utama dari semuanya adalah pelayanannya. Contohnya produk telpon seluler yang ada dipasaran sekarang muncul dengan berbagai macam merk, akan tetapi banyak konsumen telpon seluler yang cenderung memilih produk telpon seluler dengan merk Nokia dibandingkan dengan merk yang lainnya, hal ini disebabkan karena adanya kemudahan dari fasilitas penggunaannya, harga yang kompetitif, garansi yang diberikan, dan banyaknya outlet service untuk memperbaiki telpon seluler nokia ini jika terjadi kerusakan.

Demikian pula halnya dengan bisnis didunia perbankan, pelayanan merupakan inti yang paling penting pada masa sekarang ini, hal ini disebabkan karena pergeseran dari product oriented ke customers oriented, oleh karena itu pengusaha harus memperhatikan keseimbangan kepuasan konsumen dengan produk yang dihasilkan. Produk yang dihasilkan Bank Bukopin adalah tabungan yang terdiri dari Siaga, Siaga Haji, Siaga Dollar dan Sikosi, deposito yang terdiri dari Investa, Merdeka, dan Dollar, Giro yang terdiri dari Transa dan Smarta, untuk dapat memikat hati masyarakat / calon nasabah produk maka Bank Bukopin memberikan fasilitas yang anatara lain tariff bunga yang dihitung secara harian, mendapatkan asuransi, menawarkan hadiah yang menarik dari acara-acara yang diselenggarakan sesuai dengan promosi, serta banyak fasilitas lainnya yang menguntungkan bagi para nasabahnya. Hal ini merupakan upaya untuk menarik minat nasabah untuk menjadi pelanggan setia dan memiliki loyalitas yang tinggi pada Bank Bukopin. Tetapi bagaimanapun bisnis dibidang jasa perbankan bukan hanya terfokus pada tingkat suku bunga yang ditawarkan ataupun keunggulan produknya, melainkan sudah begeser kearah aspek yang bersifat personal, salah satu aspek tersebut adalah kualitas pelayanan yang mampu diberikan sebuah Bank kepada para nasabahnya, kualitas pelayanan merupakan salah satu kunci yang penting bagi proses penciptaan loyalitas nasabah, bebagai riset telah membuktikan bahwa loyalitas nasabah akan berdampak pada bottom line perusahaan dan akan membangun customers based yang lebih baik untuk perkembangan masa depan perusahaan.

Untuk itu hubungan pelayanan dengan nasabah tidak dapat dipisahkan satu sama lain, oleh karena itu kita harus menjaga citra dan kredibilitas perusahaan kita agar tidak mengecewakan nasabah, sehingga tidak mengakibatkan nasabah beralih ketempat lain, jadi berikanlah pelayanan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik, karena dunia bisnis perbankan tidak hanya berorientasi pada masa sekarang saja tetapi harus berorientasi pada masa yang akan datang, dan nasabah merupakan asset Bank yang tidak ternilai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda